Khasiat Vitamin C dan Collagen untuk Kecantikan

Sejak ditemukan 65 juta tahun yang lalu, vitamin c lebih dikenal sebagai pekerja ajaib ’wonder worker’. Tak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin c juga bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Kandungan kolagen di dalam vitamin c menjadi asumsi bagi terbentuknya peremajaan sel kulit. Karen itulah, belakangan ini vitamin c banyak ‘dijual’ namanya sebagai pencegah penuaan dini dan pemberantasan masalah kulit.

Masalah kulit

Banyak hal yang menjadi penyebab kulit kering dan kusam diantaranya adalah karena paparan sinar matahari yang berlebihan, polusi udara, serta pola makan yang tidak seimbang.

Bila tidak segera ditanggulangi, keadaan bisa semakin parah, seperti timbulnya jerawat, penuaan dini, dan bahkan pada tingkat ekstrem, kanker kulit.

Masalah klasik ini dapat dihindari, salah satunya dengan terapi vitamin c. gunanya utnuk mempercepat proses regenerasai kulit, sehingga kulit menjadi lebih cerah sekaligus terhindar dari infeksi penuaan dini.

Manfaat vitamin c

sebagai antioksidan. Stress, rposes metabolisme tubh serta lingkungan yang tercemar menyebabkna timbulnya molekul oksigen yang tidak stabil, yang dimakan radikal bebas. Radikal bebas dapat menjadi musuh bagi kulit tubuh. Kulit, sebagai lapisan terluar tubuh, adalah bagian yang palling rentan terhadap kerja radikal bebas. Penggunaan vitamin c dalam dosis memadai dapat menetralisais radikal bebas tersebut. Dengan kata lain, vitamin c inilah yang dapat mencegah atau mengendalikan problem kulit.

Penghasil kolegan dan elastin. Makin tua usia, produksi elastin dan kolagen makin berkurang. Saat kolagen menipis, kulit menjadi kendur, berkerut, dan penuh guratan. Dalam hal ini, vitamin c berperan mempercepat proses regenerasi sel serabut kolagen dan elsatin.dengan demikian elastisitas kulit akan terjaga sehingga kulit akan tampak kencang dan kenyal. Perawatan dengan vitamin c secara teratur juga dapat mencegah pernaan dini yang ditandiai dengan timbulnya kerut2 halus seputar mata, dahi, dan mulut. Penelitian klinis membuktikan bahwa vitamin c dapat meningkatkan kekenyalan kulit sekitar 50% dalam waktu dua minggu dan menghilangkan kerutan halus sekitar 85% dalam waktu 3 bulan.

Menghambat pigmentasi dan vlek. Pigmentasi disebabkan oleh adanya enzim tiroksinase. Karena adanya vitami c, pigmen yang dihaslikan oleh enzim tadi menjadi berkurang jumlahnya atau warnyanya lebih pudar (hampir tidak tampak). Penggunaan vitamin c baru dapat memberi hasil optimal jika digabung dengan senyawa hydroquinone dan asam glikolat. Biasanya, bahan tersebut sudah tersedia dalam produk-produk kosmetik yang banyak beredar di pasaran.

Ngintip dapur yuk!!!

Tengok dapur donk!!! Siapa tau ada bahan2 alami yang mengandung vitamin c yang dapat menjadi resep utnuk cantik dan awet muda.

Kentang sebagai cleanser.

Hancurkan kentang mentah dan oleskan pada wajh secara merata. Lalu bersihkan wajah dengan haduk yang telah dibsahi air hangat. Dapat dilakukan tiap hari utnuk menangkal jerawat.

Lemon sebgai peeling

Ambil satu buah lemon. Peras dan ambil sarinya. Parut kulitnya, campurkan dengan sari lemon. Taruh dalam wadah tertutup dan biarkan selama 8 jam. Oleskan endapan lemon pada wajah dengan cara ditepuk-tepuk. Biarkan hinggak kering lalu bersihkan dengan handuk basah. Terakhir bilas wajah dengan air dingin dan bubuhkan pelembab.

Stroberi sebagai astrigent

Campur ¼ cangkir stoberi yang sudah dicampurkan dengan ¼ cangkir cuka putih (white vinegar). Taruh dalam wadah tertutup dan biarkan beberapa jam. Kemudian, pisahkan biji stroberi dengan saringan bersih,. Tambahkan ¼ cangkir air mawar pada endapan stroberi cuka. Dapat dipakai sebagai astrigent.

Tomat sebagai freshner.

Potong dan hancurkan tomat. Lalu oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga wajah terasa kencang, lalu bersihkan dengan haduk basah.

Lemon beku untuk mengecilkan pori2

Campur perasan lemon dengan air. Tuangkan pada cetakan es batu, lalu masukkan ke dalam freezer. Setelah membeku, keluarkan dari cetakan lalu simpan dalam plastik. Ambil satu buah ‘es batu lemon’ dan usapkan pada wajah hingga mencair. Keringkan wajah dengan tissue wajah yang lembut.

Buah campur sebagai pelembab

Letakkan potongan buah aprikot, melon kuning, peach, dan stroberi dalam kain katun bersih. Lipat kain yang sudah berisi campuran buah, peras sehingga keluar sarinya sebanyak 2 sendok makan. Pansakan ¼ cangkir minyak almond dan ½ ons paraffin (lilin). Tuangkan minyak almond, lilin, dan sari buah dalam satu wadah, lalu tambahkan ¼ sendok teh larutan benzoin. Aduk2 kembali hingga bahan tercampur rata, lalu simpan di tempat dingin atau kulkas. Siap pakai setiap hari setelah mandi.

Apel sebagai masker

Potong apel jadi empat bagian. Ambil satu potng yang belum dikupas, masukkan ke dalam blender. Tembahkan 1 sendok teh madu dan ½ sendok teh daun sage kering, lalu hancurkan bersama. Oleskan masker wajah dan biarkan hingga kering. Angkat sisa masker dengan handuk basah. Masker ini dapat dipakai utnuk kulit kering atau kulit Kombinasi. Bagi yang memiliki jeins kulit berminyak, tambahkan perasan lemon pada proses pencampuan.

Selanjutnya klik disini:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: